Memaknai Kegagalan




Tahun lalu merupakan tahun yang penuh kegagalan bagi gue.
Ya, 2019.

Gagal ngambil mata kuliah skripsi.
Gagal bertahan di semester 7.
Gagal untuk sembuh.
Gagal mempertahankan hubungan.
Gagal sidang akhir bareng teman-teman yang lain.

Gue memutuskan untuk ngambil cuti di semester 7. Ya, gue seberani dan seimpulsif itu. Tanpa mikirin dampak apa yang bakal gue dapet dari keputusan yang gue buat. Gue kira gue akan merasa aman dan bahagia karena bisa beristirahat dengan tenang selama 6 bulan tanpa memikirkan tuntutan akademik. Nyatanya ga sepenuhnya gue bener. Ngeliat temen satu per satu mulai UP, Kolokium, sampe Sidang ngebuat gue sadar. Gue bakal terlambat buat lulus. Gue bakal banyak ngulang matkul di tahun depan, sendirian bareng ade tingkat. Gue bakal ditinggal temen-temen gue.

Berbulan-bulan gue terus memikirkan betapa pecundang dan gagalnya gue. Merasa menjadi orang paling tak berguna. Tau rasanya kayak apa? Sulit si buat dideskripsiin, tapi percayalah gue gamau lagi ngerasain perasaan kayak begitu. Terlalu gelap dan otak gue ga bisa berpikir jernih sama sekali.

Waktu gue mau balik buat kuliah lagi, gue ngerasa asing dengan kehidupan di kampus. Gue merasa menjadi orang baru dan gugup sekaligus takut. Apa yang harus gue katakan kalau ketemu banyak temen disana? Sampai akhirnya gue sadar. Gaada yang berubah kok. Temen-temen gue masih sama-sama kocaknya, masih nganggep gue hiburan dan jadiin gue objek bully-an yang tentu saja gue tau itu bercanda. Bahkan dikali pertama mereka ngeliat gue, mereka langsung teriak histeris dan meluk gue. Sekangen itu mungkin. Dan itu membuat perasaan gue jadi hangat. Gue masih diterima. Gaada yang berubah. Bahkan temen-temen organisasi gue dulu, sampe bikin welcoming party buat gue dan bawain gue bunga. Serius, gue sebahagia itu. Bersyukur masih dikelilingi orang yang sayang sama gue.

Apa pelajaran yang bisa gue ambil selama gue cuti kuliah?
Well, gue jadi tahu kalau gue ga semenyedihkan itu. Gue punya banyak temen yang care sama gue. Mereka bela-belain pulang - pergi Jatinangor - Sukabumi demi ketemu gue. Bahkan ada yang bawa motor sendiri dari Bogor. Awalnya gue takut. Takut gabisa bales kebaikan yang mereka kasih ke gue. Tapi gue sadar, harusnya gue bersyukur masih dikelilingi banyak orang yang care sama gue. Temen - temen SMP dan SMA gue pun pada dateng nengokin gue. Ga berhenti bikin gue ketawa dan bilang kalau mereka bakal selalu ada tiap gue butuh curhat. Mereka ngeyakinin gue, kalau gapapa berbagi beban ke yang lain. Gue ga semerepotkan itu dan mereka juga ga keberatan. Kadang gue juga heran kenapa gue bisa se-overthinking itu. Tapi again, gue bahagia.

Kalau diliat - liat, terlambat lulus bukan masalah besar kok.
Semua orang punya waktu dan timeline hidup masing-masing yang pastinya beda - beda. Gaada patokan kapan harus lulus, harus kerja, harus nikah, harus ini, harus itu. Semua akan ada waktunya masing - masing. Dosen wali gue pernah bilang, tugas kita cuma berusaha semaksimal mungkin dan berdo'a, percaya aja semuanya bakal selesai pada waktunya. Hanya masalah waktu. Dan lo harus percaya itu.

Buat kalian yang lagi resah karena merasa terlambat, just enjoy your time dan nikmati hikmah - hikmah dibaliknya. Jangan khawatir terlalu banyak. Dan jangan sampai kalian ngelewatin hal - hal kecil tapi bermakna di sekitar kalian karena terlalu sibuk mengkhawatirkan sesuatu yang belum terjadi. Semangat! Hope you guys always happy wherever you are!!

#CeritaAdis

Comments

Popular posts from this blog

Matematika dan Segala Drama-nya

Ditinggal Nikah

Yet to Come