Tentang Berserah Diri




Gue lagi sedikit nostalgia nih, tentang peristiwa - peristiwa yang terjadi di hidup gue.

Gue keingetan pas gue masuk rumah sakit dulu, gara - gara DBD. Sepuluh hari full cuy, di rumah sakit. Lebih lama dibanding saat gue operasi usus buntu dulu. Ditambah lagi dengan drama tiga Kali bulak - balik UGD sebelumnya, karena hasil cek darah gue normal tapi suhu tubuh gue selalu tinggi. DBD gue parah waktu itu. Suhu tubuh gue selalu 39 derajat koma sekian. Kalaupun diinfusin penurun panas, cuma turun ke angka 38 koma dan palingan bertahan 3 jam terus naik lagi. Waktu itu gue udah ga bisa ngapa - ngapain. Gabisa bangun dari kasur (gue bahkan pipis pake pampers), makanan dan minuman terasa hambar di lidah gue, badan gue lemes, panas, kepala gue pusing ga karuan. Itu kali pertama gue ga buka hp sama sekali selama sepuluh hari. Gue sesakit itu. Gue sampe bosen diambil darah tiap pagi dan disuntik sana - sini. Infusan gue juga dipindah posisi karena tangan gue bengkak.

Sampe suatu ketika, pagi - pagi setelah gue diambil darah. Gue ngerasa sediiiiiihh banget. Rasanya suram aja. Gue nangis tanpa alasan yang jelas. Pas perawat dateng mau nyuntikin obat, gue duduk dan tiba - tiba aja ada darah banyak keluar dari mulut dan hidung gue. Mama gue teriak histeris. Perawat gue kaget dan langsung lari keluar manggil temen - temennya, sekaligus bawa ember kecil dan banyak kassa. Gue panik liat darah sebanyak itu. Ini bukan mimisan biasa gaes, ini pendarahan. Keluar dari mulut dan hidung gue. Terlihat makin banyak di dalem ember stainless

Perawat pun sigap netesin obat ke dalem kassa dan masukin tuh kassa ke dalam hidung gue. Gue ditampon. Dalem banget masuk ke hidung. Sakitnya ampun - ampunan. Gue jerit - jerit histeris. Sakit banget.

Setelah ditampon, gue ga dibolehin tiduran sama sekali. Tetep harus duduk sampe pendarahannya selesai. Gue liat kassa di hidung gue udah penuh sama darah. Gue lemes dan mual ngerasain sisa darah di mulut. Mama gue udah nangis dari tadi, bingung mau nelpon Ayah gue atau engga, takut gue kenapa - napa. Sodara - sodara gue juga pada dateng nemenin gue dan Mama gue.

Dokter gue dateng sekitar jam 10 pagi. Dia bingung kenapa gue bisa pendarahan, padahal trombosit gue mulai meningkat jumlahnya. Akhirnya dia nyuruh gue buat ketemu sama dokter THT, barangkali ada yang salah sama hidung gue. Gue cuma ngangguk - ngangguk aja. Setelah insiden itu, gue didatengin 4 dokter seharian penuh. Pertama, sama dokter yang nanganin gue. Kedua, ada dua dokter residen THT. Terakhir, dokter THT. Dua dokter residen yang datengin kamar gue baik banget, mereka ngajak gue ngobrol. Satu perempuan dan satu laki - laki. Mereka ngecek banyak hal dengan teliti dan nanya banyak hal. Sorenya, gue pergi pake kursi roda ke tempat praktik dokter THTnya. Gue jadi pusat perhatian di klinik itu. Gue juga sadar, gue kurus banget, pucat, dan kucel tentunya karena seminggu lebih ga mandi.

Setelah dicek banyak hal, hidung gue baik - baik saja. Ternyata itu memang efek dari suhu tubuh gue yang terlalu tinggi. Waktu itu gue nyampe 39.8 derajat celcius panasnya. Gue pun balik kamar dan dikasih resep semprotan hidung buat bersihin sisa darah yang nempel.

Lu tau apa yang gue pikirin waktu gue pendarahan? Gue pikir gue bakal mati saat itu juga. Gue mikirin apa bekal gue cukup buat nemui Tuhan di akhirat nanti. Gue pikir engga. Gue masih banyak cacatnya, banyak minus nya. Gue bener - bener takut. Tubuh gue udah ga bisa gue kendaliin lagi. Gue cuma bisa berserah waktu itu, bikin janji sama Tuhan. Gue janji kalau gue bisa sembuh, gue bakal lebih banyak beribadah dan selalu inget sama Tuhan. Gue bener - bener pasrah saat itu.

Berhari - hari setelah kejadian itu gue lebih banyak diem. Gue kepikiran mati sampe segitunya. Perawat gue sampe nanya ke Mama gue, apakah gue emang pendiem. Tentu saja tidak, mereka berpikir sepertinya gue shock karena pendarahan kemarin.

Alhamdulillah, gue berhasil sembuh beberapa hari kemudian. Bukan sembuh sih, boleh pulang ke rumah lebih tepatnya. Pas pulang ternyata gue batuk - batuk. Kata dokter bronchitis. Ga lama setelah itu gue balik ke nangor buat kuliah. Tapi ternyata, proses pemulihan setelah sakit DBD lama tuh ga mudah dan ga sebentar. Akhirnya gue memutuskan cuti kuliah karena gue bener - bener ga bisa mikir waktu itu. Rasanya otak gue mati. Tapi again, gue bersyukur bisa sembuh.

#CeritaAdis

Comments

  1. Adiiiisss aku baru baca ya Allah maafkan aku merasa bersalah gk banyak nanya dan gk perhatiin kamu selama dinangor. Sediih maaaaaafffff. Semoga sembuh sehat semakin barokah yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mamiiih.. Gapapa mamihkuuu, mamih juga semoga sehat selalu yaaa! 💛🤗

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Matematika dan Segala Drama-nya

Ditinggal Nikah

Yet to Come